Penelitian tantang Sabun transparan di UKWMS

Pengaplikasian sabun bagi masyarakat menjadi hal penting menyangkut kebersihan. Tidak cuma itu, bahan-bahan yang dipakai untuk membikin sabun seringkali terbuat berasal dari ekstrak wangi-wangian buah maupun bunga yang tak banyak ditemui di Indonesia. “Demi mengangkat kekayaan buah lokal yang gampang ditemui, Ellisa Widjanarko menjadikan penemuan kreatif sabun transparan yang bisa diterapkan untuk bersihkan tubuh sampai wajah,” demikian ungkap Farida Lanawati Darsono, dosen Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) seputar si kecil didiknya. Ellisa ketika ini sedang menjalani kuliah apoteker di Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Pandangan membikin sabun timbul saat memperhatikan berbagai kosmetika sudah banyak diciptakan dalam berjenis-jenis wujud, melainkan pemanfaatan bahan alam yang diterapkan cukup sedikit. “Walaupun berbagai bahan alam lain yang tersedia di Indonesia juga mempunyai kadar zat berguna yang tak keok tinggi,” ujar Ellisa. Bermacam-macam labu kuning yang kerap disebut waluh kuning dalam bhs Jawa gampang dijumpai dan dibeli sebab harganya yang relatif murah. Ellisa membeberkan bahwa bersama kadar betakaroten di dalamnya, buah ini berpotensi untuk diformulasikan menjadi sediaan kosmetika yang berguna sebagai antioksidan.

Sabun transparan diistilahkan sebagai sabun yang kapabel meneruskan sinar, sehingga objek yang berada di balik sabun bisa menonjol bersama terang sampai jarak 6 cm. Sabun hasil kreasi Ellisa berwarna kuning sampai cokelat, tergantung berasal dari banyaknya ekstrak yang dikasih. Varian sabun batang dipilih sebab harganya yang murah dan mempunyai aksi bersihkan lebih bagus ketimbang sabun cair. Dari sinilah tercipta sabun transparan berasal dari ekstrak labu yang memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga menutrisi segala komponen tubuh. Untuk lebih lengkapnya bisa klik disini.

Cara penelitian sudah menampilkan bahwa konsumsi antioksidan secara oral (via mulut) wajib diimbangi bersama pengaplikasian antioksidan secara topikal (via kulit). Alasannya sebab seringkali kadar antioksidan yang diminum tak cukup untuk hingga ke epidermis kulit, sehingga gagal menutrisi dan merawat kulit berasal dari radikal bebas. Dari situlah Ellisa menentukan sediaan sabun, di samping bisa bersihkan juga bisa menutrisi kulit. Awalnya pembuatan sabun transparan ialah bersama mereaksikan bahan lemak/minyak bersama basa (alkali). Minyak yang dipakai dalam penelitian ini ialah VCO (Virgin Coconut Oil) yang berasal berasal dari buah kelapa, sebab kadar asam lemak jenuhnya sedikit sehingga tak memunculkan bau tengik.  Di samping itu sabun transparan ekstrak buah waluh kuning ini juga berpotensi sebagai antioksidan yang kapabel pelihara kesehatan kulit  dan secara alamiah.

“Kesulitan dikerjakan orientasi (tes) di lab untuk memperhatikan apakah sediaan sabun yang diciptakan cocok gunakan dan mencukupi prasyarat bagus secara kwalitas jasmani, efektivitas, keamanan ataupun aseptabilitas,” sebut Ellisa. Aseptabilitas adalah suatu syarat-syarat yang mengucapkan apakah produk yang diciptakan bisa di terima oleh masyarakat. Dari hasil orientasi dikerjakan adjustment (penyesuaian) kepada sebagian bahan sehingga mewujudkan sediaan sabun yang mencukupi prasyarat. Berkat nasihat Farida Lanawati Darsono, S.Sesudah., M.Sc. dan Sumi Wijaya, Ph.D., Apt., Ellisa bisa menuntaskan penelitian ini sebagai tugas kesudahannya.

Melainkan yang dilewati terhadap penelitian ini timbul ketika sabun yang diciptakan relatif menambahkan kesan berminyak, dan juga permukaan yang licin, sehingga tidak cukup nyaman saat dipakai.  mencoba berulang kali sampai menerima formula basis sabun yang cukup bagus, saatnya menambahkan ekstrak labu kuning.  mulanya ekstrak hal yang demikian tak bisa tercampur merata bersama basis sabun, sehingga homogenitasnya dipertanyakan. “Memang cara kerjanya cukup panjang, butuh bisnis lebih, dan gagal berulang kali, melainkan walhasil memuaskan,” ujar Elisa seraya menampilkan karyanya yang berwujud bungkahan sabun-sabun berwujud bunga kuning. 

Belum ada Komentar untuk "Penelitian tantang Sabun transparan di UKWMS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel